RSS

SIMPAN DI MUSEUM SENTUL

28 Sep

Helm desain jadul bergambar burung Garuda dan ada retakan ini bisa dibilang helm yang sangat bersejarah. Helm ini ada di Museum Mobil Sentul, Cibinong, Jawa Barat.

Pemakainya adalah pembalap legendaris sepanjang masa, almarhum Saksono ‘Sonny’ Sostro Atmojo. Ia ikutan balap seri Eropa di Zandvoort, ‘nebeng’ tim Belanda asuhan Meneer Bant. Hebatnya, ia menyabet juara II di seri pertama ini.

Di seri kedua, Saksono berencana terjun di Praha Cekoslovakia pada 1972. Di sana ia akan lebih serius dan mengukir prestasi di atas motor Suzuki 500 cc-nya. Motor ini juga pernah dipakai Abauw dalam Indonesia GP XII dan yang hampir saja merenggut nyawa Abauw ketika dalam latihan ia terjatuh, sehingga tidak dapat ambil bagian dalam perlombaan selanjutnya akibat cedera.

Saat sesi latihan pada 12 Agustus 1972 ia mengalami musibah. Setangnya bergetar saat ia melakukan fast corner di tikungan S dalam kecepatan 110 km/jam. Sonny kehilangan kendali dan terjun bebas menghantam rel kereta api di bawahnya. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit dalam usia 26 tahun.

Sampai kini tikungan itu dinamai tikungan John karena lidah orang Cekoslovakia agak sukar menyebut Sonny. Helm bersejarah ini masih tersimpan baik di Sentul Bogor dan selalu menjadi kenangan prestasi indah yang diukir pembalap Indonesia di masa itu.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada September 28, 2010 in Uncategorized

 

2 responses to “SIMPAN DI MUSEUM SENTUL

  1. Engingeng

    Februari 17, 2011 at 2:44 am

    John ama sonny. Sebutannya aja beda. Mo orang afrika kek, suku aborigin, ato eskimo, cara penyebutannya tetap beda.
    John tu nama pembalab legendaris asal ceko. Bego lo…

     
  2. lorenzo

    Juli 7, 2011 at 9:26 pm

    saran saya untuk prbaruan produksi motor yamaha scorpio tolong lbih bagus lagi….. saya merasa tidak masuk akal dengan prbandingan harga vixen bisa hampir sama dengan scorpyo yang di juluki domba bunting….. padahal cc scorpyo sudah hampir sama klas cbr dengan ninjaRR saya mohon tolong…..tambah fasilitas scorpyo trmasuk rem cakram di lengkapi depan blakang saya salah satunya pecinta scorpyo dan scorpyo motor kebanggaan saya jujur saya tidak setuju dengan scorpyo di abaikan oleh kaum mudah trmasuk pmasaran scorpyo kalah dengan vixen dan ini prlu di prtanyakan knapa kaum mudah lebih memilih vixen????? trima kasih.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: